Cara Memperbaiki Aki Kering yang Mati - Panduan Lengkap Step by Step

Cara Memperbaiki Aki Kering - Ada dua jenis aki yang beredar dipasaran, yakni aki basah dan aki kering.  Aki atau accu merupakan komponen yang sangat penting sebagai penyuplai daya listrik ke komponen lain pada kendaraan, baik itu untuk mobil maupun sepeda motor.
Cara Memperbaiki Aki Kering yang Mati - Panduan Lengkap Step by Step

Lalu apa jadinya jika aki kendaraan Anda soak, rusak atau bahkan mati total? Pasti aktivitas mobilisasi Anda bakal terganggu bukan?

Nah, jika hal tersebut terjadi pada kendaraan Anda, maka sebaiknya Anda tak perlu panik. Aki kering yang soak atau mati ternyata masih bisa diperbaiki.

Syaratnya adalah kondisi cell-nya harus masih bagus sehingga masih bisa untuk menyimpan daya listrik. Jika cell-nya sudah rusak parah, maka mau tak mau Anda harus mengganti dengan aki baru agar kendaraan anda bisa beroperasi dengan normal.

Panduan Lengkap Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak, Soak atau Mati


Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki AKI kering yang soak atau mati, silahkan ikuti panduan lengkap step by step yang sudah kami susun dibawah ini.

Peralatan Wajib yang Perlu Disiapkan:


Alat-alat dan bahan yang perlu disiapkan untuk memperbaiki aki adalah sebagai berikut:
  • Obeng minus
  • Obeng plus
  • Pisau atau gergaji besi
  • Air aki (Zuur)
  • Solasi atau selotip


Cara Memperbaiki Aki Kering Step by Step


Agar aki motor atau aki mobil Anda yang mati bisa hidup dengan normal kembali, Anda perlu melakukan beberapa cara seperti berikut ini:
1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah lepaskan aki dari kendaraan anda. 
2. Setelah aki berhasil dilepas, langkah kedua yaitu buka bagian penutup aki menggunakan pisau atau gergaji. 
3. Langkah ketiga, perhatikan bagian atas aki yang ada tulisan “Do Not Open”. Kemudian potong bagian tersebut menggunakan gergaji. Lakukan hal yang sama pada bagian samping serta belakang dari penutup aki.
4. Langkah keempat, lepas bagian penutup wadah aki. Setelah penutup wadah terbuka, maka Anda akan menemukan enam buah lubang.
5. Langkah kelima, isi bagian lubang tersebut menggunakan air aki (accu zuur) yang baru sebanyak 15 mililiter.
6. Langkah keenam, setelah lubang terisi semua, kemudian tutup lubang tersebut menggunakan penutup aki. Agar tutup aki dapat merekat kuat, gunakan solasi.
7. Langkah terakhir, jika aki kering masih juga belum menunjukkan tanda perbaikan, sebaiknya bongkar kembali aki sekali lagi untuk mengamati jika ada cell pada aki yang rusak.
Nah, itulah beberapa cara memperbaiki aki kering yang rusak dengan mudah dan ampuh. Cara tersebut diatas bisa anda coba dirumah jika anda memiliki aki yang rusak. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Salam!

Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki Aki Kering yang Mati - Panduan Lengkap Step by Step"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel